• Koalisi Lingkungan Jawa Timur

    1. Buntasyah, Bunta Pondesien 2. Cakrawala Timur, Surabaya 3. ChandraBhumi, Sidoarjo 4. Dewan Kota Surabaya 5. Dobrak, Mojokerto 6. Ecoton, Gresik 7. ELBUD (Lembaga Ekologi Budaya) 8. Forum Komunikasi Kehutanan Masyarakat (FKKM), Jatim 9. Forum Pemerhati Kehutanan Jember 10. Forum Perjuangan Rakyat (FPR), Mojokerto 11. FPLP (Forum Peduli Lingkungan Pesisir), Sidoarjo 12. Kawan Tani Lestari (Katari), Malang 13. Kelompok Belajar Sosialis (KBS), Surabaya 14. Klub Indonesia Hijau (KIH) Regional 3 Jawa Timur 15. Komunitas Jurnalis Peduli Lingkungan (KJPL) 16. Komunitas Perupa Peduli Lingkungan (KPPL), Sidoarjo 17. Langkah Hati, Madiun 18. LEM 21, Pacitan 19. Lembaga Advokasi Satwa (LASA) 20. LeSEHan, Lembaga Studi Ekologi Hutan, Madiun 21. Lesos, Mojokerto 22. LPKP, Malang 23. LSM Picket Nol, Jember 24. Malang Duta GKJW 25. Paguyuban Masyarakat Korban Jaker, Nganjuk 26. Paguyuban Warga Stren Kali Surabaya 27. Paramitra, Batu 28. PKM (Paguyuban Kali Maron), Trawas, Mojokerto 29. Pletonik Jawa Timur 30. Posko Ijo, Gresik 31. PPHM (Paguyuban Pelestari Hutan Mojokerto) 32. PPLH Seloliman 33. PRM (Perguruan Rakyat Merdeka), Lumajang 34. PSLH Mangkubumi, Tulungagung 35. Sahabat Lingkungan, Mojokerto 36. Saka, Jember 37. SBMI, Madura 38. Solidaritas Korban Lumpur Lapindo 39. Uplink (Urban Poor Linkage) Surabaya 40. WALI (Wahana Lentera Indonesia) 41. Yamajo, Jombang 42. Yayasan Bina Alam Indonesia, Gresik 43. Yayasan Jatim, Mojokerto 44. Yayasan Kaliandra, Pasuruan 45. YMAI (Yayasan Mitra Alam Indonesia), Surabaya 46. YPKGM, Lumajang 47. YPP (Yayasan Pemberdayaan Perempuan), Malang 48. YTSB (Yayasan Titah Sari Bening), Mojokerto
  • Meta

  • Blog Stats

    • 6,450 hits

Achmady Tak Tandatangani Komitmen Peduli Lingkungan

(Maaf telat posting)
Surabaya, Kamis, 26/ 06/2008, 09:46 wib, redaksi-jawakini
CALON GUBERNUR (Cagub) dan Calon Wakil Gubenur (Cawagub) Jawa Timur, Achmady dan Suhartono, yang didukung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jatim merupakan satu-satunya calon yang tidak menandatangani komitmen peduli lingkungan.

Penandatanganan komitmen peduli lngkungan yang diprakarsai oleh 52 LSM lingkungan se Jatim yang tergabung dalam Koalisi Lingkungan Hidup Jatim ini, dimaksudkan untuk mengukur tingkat kepedulian para Cagub-Cawagub yang akan bertanding dalam pilgub Jatim 23 Juli mendatang.

Selain pasangan yang diusung oleh PKB, semua pasangan calon pemimpin Jatim sepakat untuk menandatangani komitmen peduli lingkungan yang dilakukan di stren kali Surabaya ini.

“Achmady-Suhartono yang tidak menandatangani komitmen peduli lingkungan,” kata Henry Nurcahyo, koordinator Koalisi Lingkungan Hidup Jatim,

Tentang alasan Achmady-Suhartono tidak datang dan tidak menandatangani, ia mengatakan keduanya dipanggil mendadak oleh Gus Dur (Ketua Dewan Syuro DPP PKB KH Abdurrahman Wahid) ke Jakarta.

Cagub dari PDIP Sutjipto, yang datang dan melakukan penandatangan lebih awal dari kandidat lainnya, yaitu sekitar pukul 10:00 wib, menyatakan sepakat dengan 18 poin komitmen yang disodorkan koalisi lingkungan hidup, diantaranya mendukung “master plan” Jatim yang berwawasan lingkungan.

Selain itu, penegakan hukum lingkungan, penanganan kasus Lapindo secara adil, menindak pencemar lingkungan hidup, meningkatkan investasi yang selaras dengan alam, meningkatan peran dan kepedulian swasta dalam upaya pelestarian lingkungan.

“Sebenarnya, tanpa ada komitmen sekalipun, masalah lingkungan ini sudah menjadi isu serius yang kami usung dalam visi misi kami,” kata Sutjipto.

Dalam orasi singkatnya dia berjaniji, jika terpilih sebagai Gubernur Jatim, akan menjadi barisan terdepan yang akan memperjuangkan korban lumpur Lapindo.

Cawagub Mudjiono yang datang ke lokasi sekira pukul 15.00 WIB menyatakan pihaknya akan menjadikan air dan hutan sebagai isu lingkungan yang diprioritaskan bila terpilih memimpin Jatim. “Kami akan memperbaiki kualitas air dan menggalakkan rehabilitasi hutan untuk menanggulangi banjir,” kata mantan Kasdam V/Brawijaya itu.

Sementara itu, Cagub Soekarwo, meski tidak hadir di stren kali, tetapi dia sudah menandatangani komitmen yang nantinya akan dikawal dan dipantau pelaksanaannya jika salah satu diantara mereka berhasil duduk di kursi Grahadi itu.

“Komitmen peduli lingkungan yang sudah ditandatangani para Cagub-Cawagub itu akan dipantau dalam pelaksanaan di lapangan saat mereka terpilih memimpin Jatim,” kata Teguh dari KJPL.(ant/red)

http://www.jawakini.com/Pilgub_03/pilgub_61.htm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: