• Koalisi Lingkungan Jawa Timur

    1. Buntasyah, Bunta Pondesien 2. Cakrawala Timur, Surabaya 3. ChandraBhumi, Sidoarjo 4. Dewan Kota Surabaya 5. Dobrak, Mojokerto 6. Ecoton, Gresik 7. ELBUD (Lembaga Ekologi Budaya) 8. Forum Komunikasi Kehutanan Masyarakat (FKKM), Jatim 9. Forum Pemerhati Kehutanan Jember 10. Forum Perjuangan Rakyat (FPR), Mojokerto 11. FPLP (Forum Peduli Lingkungan Pesisir), Sidoarjo 12. Kawan Tani Lestari (Katari), Malang 13. Kelompok Belajar Sosialis (KBS), Surabaya 14. Klub Indonesia Hijau (KIH) Regional 3 Jawa Timur 15. Komunitas Jurnalis Peduli Lingkungan (KJPL) 16. Komunitas Perupa Peduli Lingkungan (KPPL), Sidoarjo 17. Langkah Hati, Madiun 18. LEM 21, Pacitan 19. Lembaga Advokasi Satwa (LASA) 20. LeSEHan, Lembaga Studi Ekologi Hutan, Madiun 21. Lesos, Mojokerto 22. LPKP, Malang 23. LSM Picket Nol, Jember 24. Malang Duta GKJW 25. Paguyuban Masyarakat Korban Jaker, Nganjuk 26. Paguyuban Warga Stren Kali Surabaya 27. Paramitra, Batu 28. PKM (Paguyuban Kali Maron), Trawas, Mojokerto 29. Pletonik Jawa Timur 30. Posko Ijo, Gresik 31. PPHM (Paguyuban Pelestari Hutan Mojokerto) 32. PPLH Seloliman 33. PRM (Perguruan Rakyat Merdeka), Lumajang 34. PSLH Mangkubumi, Tulungagung 35. Sahabat Lingkungan, Mojokerto 36. Saka, Jember 37. SBMI, Madura 38. Solidaritas Korban Lumpur Lapindo 39. Uplink (Urban Poor Linkage) Surabaya 40. WALI (Wahana Lentera Indonesia) 41. Yamajo, Jombang 42. Yayasan Bina Alam Indonesia, Gresik 43. Yayasan Jatim, Mojokerto 44. Yayasan Kaliandra, Pasuruan 45. YMAI (Yayasan Mitra Alam Indonesia), Surabaya 46. YPKGM, Lumajang 47. YPP (Yayasan Pemberdayaan Perempuan), Malang 48. YTSB (Yayasan Titah Sari Bening), Mojokerto
  • Meta

  • Blog Stats

    • 6,450 hits

Seruan Kampanye Ramah Lingkungan

Berikut ini kami sampaikan copy surat yang ditujukan kepada 5 (lima) Calon Gubernur/Calon Wakil Gubenur, yang sudah disampaikan ke posko masing-masing hari Jumat siang.

Copy surat ini sekaligus sebagai siaran pers kami untuk dapatnya dimuat di media massa masing-masing. Atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

a/n Koalisi Lingkungan Jatim

HENRI NURCAHYO

Seruan Kampanye Ramah Lingkungan

Sehubungan dengan segera dilangsungkannya Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, maka dengan ini Koalisi Lingkungan Jawa Timur, yang terdiri dari 55 lembaga peduli lingkungan hidup bermaksud mengajak para calon Gubernur dan calon wakil Gubernur Jawa Timur untuk melaksanakan KAMPANYE RAMAH LINGKUNGAN.

Adapun yang dimaksud dengan Kampanye Ramah Lingkungan adalah:

  1. Melaksanakan kampanye yang selaras dengan prinsip-prinsip lingkungan hidup, seperti tidak melakukan pencemaran, tidak memaku pohon untuk menempelkan poster kampanye, tidak memboroskan energi dengan melakukan konvoi kendaraan bermotor (sekaligus polusi suara), melakukan publikasi melalui poster, banner dan semacamnya dengan memperhatikan estetika lingkungan, dan sebagainya.
  2. Menyerukan dan mengajak seluruh pendukung masing-masing Cagub/Cawagub untuk menjalankan prinsip-prinsip lingkungan hidup dalam kehidupan sehari-hari, seperti tidak buang sampah sembarangan (kalau perlu mengolah sampah), tidak melakukan pencemaran, melakukan penghijauan di lingkungan masing-masing dan berpartisipasi aktif dalam berbagai program lingkungan hidup.
  3. Menyampaikan program peduli lingkungan hidup sebagaimana Komitmen Lingkungan yang pernah disampaikan (dan sebagian besar sudah ditandatangani) oleh Koalisi Lingkungan beberapa waktu yang lalu (kami lampirkan lagi teks lengkapnya, dengan sedikit tambahan penyempurnaan).
  4. Melakukan kampanye dalam bentuk aksi kongkrit yang menunjukkan kepedulian terhadap program lingkungan hidup, (sekadar contoh): Melakukan pembersihan sungai, melakukan aksi pembersihan sampah di jalan-jalan, membagikan bibit pohon kepada masyarakat, dan bantuan kongkrit bagi korban lumpur Lapindo.

Untuk itu, dengan kami akan melakukan pemantauan terhadap kampanye semua Cagub/Cawagub di seluruh Jawa Timur, sebagaimana domisili anggota Koalisi lingkungan Jawa Timur. Hasil pemantauan itu akan kami evaluasi dan disebar-luaskan melalui media massa pada tengah-tengah dan akhir masa kampanye.

Seruan ini kami sampaikan sebagai bentuk kepedulian terhadap kesuksesan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Timur. Hal itu jauh lebih baik ketimbang kami Golput alias tidak menggunakan hak pilih kami. Apalagi, jumlah komunitas masyarakat yang menjadi dampingan kami jumlahnya bisa mencapai puluhan ribu di seluruh Jawa Timur. Mereka semua akan ikut menjadi saksi, Calon Gubernur atau Calon Wakil Gubernur mana yang betul-betul memiliki komitmen tinggi terhadap lingkungan hidup. Hal ini tentunya akan menjadi pertimbangan pilihan mereka nantinya.

Kami berharap, seruan ini diperhatikan dengan sungguh-sungguh oleh para Cagub/Cawagub Jawa Timur. Manakala ada hal-hal yang dirasa perlu penjelasan atau informasi lebih lengkap, dengan senang hati kami siap membantu tanpa pretensi apapun. Bersama ini pula kami lampirkan beberapa bahan sebagai referensi.

Surabaya, 4 Juli 2008

Atas nama Koalisi Lingkungan Hidup Jawa Timur:

  • Achmad Budi Basuki (Yayasan Kaliandra – 0813 3188 3031)
  • Andreas (Paguyuban Masyarakat Stren Kali Surabaya – 6076 3288)
  • Antonius P. Wigig R (Bamboosa Forest Indonesia – 081 83 3099)
  • Budi Siswanto (WALHI Jatim – 0813 3100 1490)
  • Buntasyah (Gerakan Menutup Lumpur Lapindo – GMLL – 0852 8263 7515)
  • Endang Stariadi ( YTSB Mojokerto – 081 2325 0066)
  • Henri Nurcahyo (Lembaga Ekologi Budaya – ELBUD – 0812 3100 832)
  • Hermawan Some (Urban Poor Linkage – Uplink – 081 739 4354)
  • Prigi Arisandi (Lembaga Kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah – ECOTON – 0817503 042 )
  • Sisyantoko (Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup – PPLH – 0852 3118 8999)
  • Sugeng Prajitno (Komunitas Perupa Peduli Lingkungan – 081 332 672 109)
  • Teguh (Komunitas Jurnalis Peduli Lingkungan – 081 2311 2707)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: